Susah Tidur ? Coba Kurangi Kebiasaan ini

Kebiasaan yang membuat susah tidur - Sobat merasa ngantuk tapi susah untuk tidur ? , jika iya, mungkin sobat harus membuang jauh - jauh kebiasaan - kebiasaan berikut yang kemungkinan sering sobat lakukan seperti dibawah ini.


Kebiasaan yang membuat susah tidur



1. Kebiasaan Menghitung domba


Beberapa orang menyarankan jika sedang terkena Insomnia atau kesulitan untuk tidur, cobalah untuk menghitung domba, sebenarnya kebiasaan inilah yang membuat sobat lebih susah untuk tidur, karena menghitung dengan domba maka otak akan terangsang dan lebih aktif, dan pada akhirnya akan membuat sobat jadi lebih sulit untuk tidur. Dari pada menghitung domba, lebih baik sobat melakukan hal-hal yang bisa membuat otak rileks seperti bermeditasi atau mendengarkan musik slow atau bernada rendah.

2. Kelamaan Bermain Gadget.

Mungkin hal ini yang paling sering sobat lakukan, bermain Smartphone, PC, Laptop, ataupun gadget lainnya sampe larut malam, kadang hingga pagi hari. Sebaiknya sobat mulai menghilangkan atau mengubah kebiasaan tersebut, karena cahaya berwarna biru yang dipancarkan oleh Gadget - gadget tersebut malah akan menunda atau menghilangkan rasa kantuk. Jika ingin lebih cepat tertidur, coba matikan alat elektronik sekitar satu jam sebelum sobat tidur.

3. Makan Makanan yang mengandung gula dan kafein.


Jika sobat mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dan kafein seperti susu, cokelat, dan yang lainnya, sebaiknya konsumsi makanan / minuman tersebut enam jam sebelum waktu tidur. Karena jika dikonsumsi menjelang waktu tidur, maka mata akan otomatis terjaga sepanjang malam.


4. Mengerjakan pekerjaan/tugas hingga larut malam.


Mungkin ini adalah salah satu alasan umum yang membuat sobat susah untuk tidur, mengerjakan tugas/pekerjaan hingga larut malam karena harus segera diselesaikan. Saran saya, sebaiknya sobat hindari hal semacam ini menjelang tidur karena hal tersebut akan membuat pikiran sobat merasa gelisah dan akhirnya menjadi sulit untuk tidur. 

Akan tetapi jika bener - bener mepert atau terpaksa harus segera diselesaikan, kerjakan saja tugas / pekerjaan tersebut, setelah tugas tersebut selesai, coba berikan waktu sejenak untuk pikiran dan tubuh kamu agar rileks dengan mendengarkan musik-musik slow yang berirama dan bisa menenangkan pikiran sobat.


5. Tidur siang


Hal ini mungkin sering dilakukan oleh sobat, saran saya jika dirasa esok hari harus bengun pagi, lebih baik jangan tidur siang, karena tidur siang akan membuat sobat lebih terjaga di malam hari.

Cuma seorang Blogger malas yg kadang - kandang rajin

1 Komentar so far

Makasih gan tips nya, bermanfaat banget nih buat ane yang sering susah tidur :D

Perhatian Sebelum Berkomentar :

1. Bacalah artikel secara keseluruhan.
2. Bacalah Komentar yang sudah ada terlebih dahulu.
3. Tidak Melampirkan Kata - kata kotor.
4. Berkomentar sebagai Anonim akan di anggap sebagai SPAM dan tidak akan pernah di terbitkan.
5. Tidak melampirkan link.


EmoticonEmoticon