Tips Sehat Untuk Yang Sibuk Bekerja di Kantor

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Saat Sibuk Bekerja di Kantor  - Bagi yang bekerja di suatu perusahaan atau perkantoran pastinya rentan terhadap penyakit, seperti penyakit otot, yang berupa pegal - pegal , keram, kesemutan ataupun penyakit tulang yang seperti encok dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena pekerjaan yang mengharuskan sobat melakukan posisi yang sama dalam waktu yang lama, seperti duduk ataupun posisi yang lainnya.

Cara Sehat Menjaga Kesehatan Saat Bekerja di Kantor


Untuk itu saya akan sedikit berbagi tips yang bisa sobat gunakan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terserang penyakit - penyakit seperti yang saya sebutkan di atas.

1. Sejajarkan posisi telinga dengan bahu.
Posisikan telinga agar sejajar dengan bahu sobat. Atau begini usahakan kepala sobat tidak menunduk ataupun mendongak, usahakan posisi kepala lurus. Jika sobat bersandar terlalu ke depan atau ke belakang, maka postur tubuh sobat akan menjadi tidak ideal atau agar tidak miring - miring gimana gitu.

2. Lakukan Olahraga Untuk bahu dan dada
Untuk melakukan Olahraga ini, cobalah berdiri menghadap ke dinding lalu rentangkan kedua kaki agar sejajar dengan bahu. Tempelkan kedua tangan ke dinding, lalu tekuk siku hingga 90 derajat, lalu luruskan lagi (seperti gerakan push up). Lakukan gerakan ini minimal 10 - 15 kali, lebih banyak lebih baik. Setelah selesai, coba lemaskan bahu sobat dengan cara menggerakkannya ke atas dan bawah dan memutarnya derajat untuk mengurangi rasa tegang di otot. 

3. Perhatikan Posisi kaki
Cara duduk yang benar dan baik adalah dengan kedua kaki yang menyentuh lantai. Usahakan jangan menyilangkan kaki atau menempelkan kedua kaki. Atau Jika posisi duduk sobat dirasa membuat pegal, maka lakukan lah peregangan dengan berdiri dan melakukan gerakan untuk melemaskan seluruh bagian tubuh.

4. Gerakkan punggung
Saat duduk dalam waktu yang lama, punggung akan terasa pegal. Untuk mengurang rasa pegal tersebut Lakukan peregangan punggung sesekali dengan cara membusungkan dan membungkukkan dada sobat secara bergantian. Gerakan ini bertujuan agar punggung lebih rileks. Lakukanlah lagi saat punggung terasa pegal kembali.

5. Gunakan bantal untuk menyangga tulang belakang
Jangan malu-malu untuk membawa bantal penyangga ke kantor sobat. Karena dengan meletakkan bantal di kursi, maka posisi tulang belakang akan lurus. Selain bantal, sobat bisa menggunakan handuk yang di lipat atau digulung.

6. Sering - seringlah bergerak
Sering-seringlah bergerak, karena duduk berlama-lama dengan posisi yang kurang sempurna akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar dan ototpun akan melemah. Gerakan yang bisa sobat lakukan misalnya dengan cara menggunakan tangga biasa , jangan menggunakan lift atau eskalator.  Pilih juga toilet yang letaknya jauh dari ruang kerja agar sobat bisa lebih banyak bergerak. 

Cuma seorang Blogger malas yg kadang - kandang rajin

1 Komentar so far

Wah thanks gan, kebetulan ane juga ngerasain ini saat kerja, tips sehat untuk yang sering menghadapi monitor komputer di kantor ada gak ya?

Perhatian Sebelum Berkomentar :

1. Bacalah artikel secara keseluruhan.
2. Bacalah Komentar yang sudah ada terlebih dahulu.
3. Tidak Melampirkan Kata - kata kotor.
4. Berkomentar sebagai Anonim akan di anggap sebagai SPAM dan tidak akan pernah di terbitkan.
5. Tidak melampirkan link.


EmoticonEmoticon