Cara Mengatasi Alexa Rank No Data Saat Ganti Domain TLD

Cara Mengatasi Visitor Yang Turun, Saat Blog Ganti Ke Domain TLD - Mengganti domain dari sub domain ke domain TLD adalah hal yang paling diimpikan bagi setiap Blogger atau pemilik blog. Dengan domain TLD, blog kita akan terlihat lebih professional, selain itu Google pun sangat menyukai Blog yang menggunakan Domain TLD.


Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD

Tapi ada beberapa masalah ketika kita mengganti domain blog kita menjadi domain TLD yaitu, Alexa Rank menjadi No Data karena kita memulainya dari awal lagi, dan juga hilangnya visitor yang mengunjungi blog kita. Tetapi tenang saja, meskipun visitor blognya menghilang, hal tersebut cuma terjadi untuk sementara waktu saja ko, karena pihak Google sedang melakukan pengideksan ulang terhadap blog kita. 


Waktu pengindeksannya memang tergolong cukup lama, paling lama waktunya adalah 1 bulan. Ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mempercepat waktu pengindeksannya. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan URL Blog sobat sudah didaftarkan di webmaster Google dan juga sudah mengirimkan Sitemap ke Google. Untuk yang belum mendaftarkan blog nya bisa mengunjungi Google Webmaster.
2. Masuk ke Google Webmaster, lalu pilih blog nya. Setelah masuk ke Dasbor situsnya, Pilih Perayapan , lalu pilih Ambil Sebagai Google.


Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD



3. Pindah ke bilah menu sebelah Kanan, Lalu isikan Url Artikel yang menurut sobat ramai dan Klik Ambil. 
Contoh cara pengisian Urlnya.
http://www.miqbal20.net/2014/08/lagu-anime-yang-enak-didengar.html
Masukan Url yang berwarna merah saja.


Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD


4. Klik 'Kirim ke Indeks' pada Url yang tadi sobat Ambil. Pilih 'Rayapi URL ini dan tautan langsungnya' lalu kirim.
Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD


Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD

5. Kirim semua url artikel yang menurut sobat ramai dikunjungi dengan cara diatas.
Sobat cuma bisa menggunakan pengiriman sebanyak 10 kali, jadi pilih lah artikel yang menurut sobat benar-benar ramai dikunjungi.
6. Setelah semua artikelnya terkirim, Pindah ke pengaturan webmaster blog sobat yang lAMA. Caranya cukup ganti blog nya saja di pilihan yang ada di pojok kanan atas. 


Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD


7. Kembali ke bilah menu sebelah kiri, lalu pilih 'Google Indeks' , dan pilih juga 'Hapus URL'. Lalu Klik 'Buat Penghapusan URL', dan isikan dengan alamat blog sobat yang lama. Lalu klik 'Terus'. Dan 'Kirim Permintaan'.


Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD
Mengatasi Alexa Rank No Data, Saat Blog Ganti ke Domain TLD



Nah, sampai sini, semua url blog lama akan dicekal kemunculannya di Google SERP. Hal tersebut dilakukan supaya Url blog dengan domain baru bisa lebih mudah masuk ke jajaran Google SERP. 

8. Ping Blog ke  Beberapa Search Engine, untuk lebih mudahnya sobat bisa menggunakan jasa ping di www.Freewebsubmission.com.  atau di pingomatic.com.

9. Terus update blog sobat dengan artikel yang berkualitas secara berkala, dan jangan lupa Promosikan juga blog sobat di Social Bookmarking seperti Lintas.me , Pulsk.com, dll.

10. Pastikan sobat sudah mendaftar dan mengklaim blog sobat di Alexa.com.

11. Tunggu hingga proses pengindeksan ulang selesai, biasanya sekitar 3 s.d 20 hari, tergantung kualitas blog nya. Untuk Blog ini, memerlukan waktu 6 hari untuk waktu pengindeksan dan 8 hari untuk memunculkan alexa rank...

Bagaimana sobat ? Mudah bukan caranya ? jika ada pertanyaan sobat tidak perlu sungkan untuk melayangkannya di kotak komentar. :D

Cuma seorang Blogger malas yg kadang - kandang rajin

10 Komentar

Bukankah URL lama gak perlu dihapus? kan dari pengaturan blogger sendiri bisa langsung redirect dari URL lama ke URL baru... walaupun URL lama yang terindeks di SERP tapi kan tetep di redirect ke URL dengan domain baru.. Jadi menurut saya rugi besar jika URL lama dihapus peredarannya di SERP...

Pertama ane pikir emang itu bener2 -ngerugiin gan, disamping traffik ilang, postingan pun ga ada yang masuk SERP....

Tapi setelah ane pikir - pikir buat apa beli domain kalo traffik nya hasil redirect dari domain lama semua ???? Trus kalo gitu fungsi domain yang kita beli buat apa ??? Cuma buat keren " doang...???

Trus gini, waktu ane coba ngecek posisi artikel ane dengan kata kunci tertentu. artikel yang ada di Blog dengan domain lama ane emang ada di posisi 1 di SERP...
Tetapi pas ane coba pake penulusuran yang menampilkan hasil yang diabaikan, ternyata artikel yang ada di domain baru yang nomer 1 , yang di subdomain lama di nomer 2...

Jadi ane hapus subdomain yang lama atau bisa disebut mencekal subdomain yang lama biar ga muncul di SERP.....

Jadi hasil penulusuran artikel - artikel dari domain baru ga di abaikan sama Google.... :D

semoga membantu... :d

Ini ane pernah kejadian gan, sebelum ada fitur beginian dari Google webmaster, waktu itu mau ganti domain dari ID ke [dot]com. Terpaksa optimasi lagi, hehe

Mana waktu itu sudah terindeks bagus di google, ngulang lagi dah -__-

thank mas atas pencerahannya ,, saya baru ganti domain ke TLD ,kenapa rank di alexanya No Data ya mas ? apa harus kita daftar lagi dengan nama domain yang baru ? terus kita vertifikasi lagi mas ?

Wah beresiko juga ya, tadinya mau ganti domain.

wkwkwk...
Sama kaya ane berarti... :D

Ga usah verifikasi lagi, cukup Update aja artikel di blog agan secara rutin... :-d

Kalo bicara resiko, memang sangat beresiko karena trafik blog bisa hilang secara signifikan....

Meskipun begitu, google lebih menyukai Blog yang mengganti subdomain blogspot nya menjadi domain TLD. Terus biasanya juga selain Google mengembalikan trafik blog menjadi normal, Google juga kadang ngasih bonus trafik biasanya sampe 2x trafik normal (pengalaman)..

kalau masalah kayak gitu dibiarin aja, nanti juga muncul sendiri..

kalo sekarang emang bener kata agan sih, kalo dibiarin ntar muncul sendiri, tp dengan catatan blog nya sering di update/ramai pengunjung.... :D

Perhatian Sebelum Berkomentar :

1. Bacalah artikel secara keseluruhan.
2. Bacalah Komentar yang sudah ada terlebih dahulu.
3. Tidak Melampirkan Kata - kata kotor.
4. Berkomentar sebagai Anonim akan di anggap sebagai SPAM dan tidak akan pernah di terbitkan.
5. Tidak melampirkan link.


EmoticonEmoticon