Sejarah Singkat Hacker

Hai Sobat Miqbal20, pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang Sejarah Singkat Hacker.
Hacker
Hacker adalah orang yang paham tentang komputer dan melakukan analisis, mempelajari, memodifikasi, melakukan teknik pentusupan ke dalam suatu jaringan komputer atau pun program. Hacker juga mampu mengembangkan program untuk membuat program lainnya berjalan lebih baik. Istilah hacker sendiri lahir di tahun 1959 dari organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di labolatorium kecerdasan Artifisial Massachusetts Institut of Technology (MIT). Organisasi itu terdiri dari beberapa orang cerdas dengan satu keyakinan yang tidak mempercayai adanya tuhan (Atheis), dan merekalah yang hingga kini mengembangkan komputer dan semua programnya.
Hacker and Cracker
Dewasa ini, banyak yang mengartikan istilah Hacker dan Cracker, yaitu perusak sistem komputer. Padahal secara etika, keduanya justru bertentangan. Paham etika Hacker adalah sebagai berikut :
  • Menghormati ilmu pengetahuan dan kebebasan berinformasi.
  • Memberitahukan sistem administrator akan adanya celah pada sistem.
  • Tidak mengambil keuntungan dari sistem yang di hack.
  • Melarang penyebaran program bajakan.
  • Memberitahukan informasi kepada orang lain secara gratis, dan itu tanpa terkecuali oleh siapa saja.
  • Tidak pernah memanipulasi kartu kredit (carding).
  • Tidak pernah memberikan akses ke seseorang untuk tujuan jahat.
  • Tidak merusak, memodifikasi, dan memanipulasi sistem yang di hack.
  • Menghormati komputer yang di hack seperti komputer sendiri.

Tingkatan dalam Dunia Hacker

Layaknya sebuah kasta dalam kerajaan, beberapa Hacker juga dibedakan atas kemampuannya dan masing-masing mendapat julukan sesuai kemampuannya tersebut. Adapun tingkataanya adalah sebagai berikut.
  • Elite Hacker 
Elite Hacker merupakan kasta tertinggi dengan kemampuan di atas rata-rata dibandingkan tingkatan lainnya. Mereka berjiwa pemimpin dan paham etika.
  • Semi Elite Hacker
Tingkatan ini juga mempunyai kemampuan luas tentang dunia komputer beserta programnya, hanya berbanding sedikit dari Elite Hacker. Semi Elite Hacker juga mahir dalam mengatasi Vulnerability. Semi Elite juga sering mengekpose celah hasil temuan mereka ke forum - forum besar. Namun, hingga sekarang tak sedikit orang awam mengkategorikan mereka sebagai Lamer.
  • Developed Kiddie
Tingkatan-tingkatan ini adalah kelompok-kelompok muda yang masih menggunakan GUI sebagai dasar kemampuannya. Namun, tak jarang Hacker pada tingkatan ini mempunyai sifat pantang menyerah, mereka selalu belajar hal-hal baru untuk bisa naik ke tingkat Elite Hacker. Developed kiddie juga sering menjadi pembicara dan menunjukan kemampuannya di beberapa kesempatan seperti acara seminar, dan lain-lain.
  • Script Kiddie
Script kiddie adalah tingkata yang paham sedikit mengenai sistem komputer. Kemampuan mereka sebatas menakut-nakuti pengguna lain dengan virus yang di dapatkan dari internet.
  • Lamer
Lamer hanya mampu menggunakan tools yang didapat dari Semi Elite Hacker atau Hacer lainnya. Lamer sangat terobsesi kepada Elite Hacker dan selalu mencoba cara-cara yang instan. Tingkatan ini juga sering hadir di IRC untuk tukar menukar aplikasi atau Dork yang mereka punyai dengan dengan lamer yang lainnya. Kepada situs yang berhasil di susupi, para lamer seringkali men-deface situs tersebut, kegiatan ini menjadikan Lamer dan Defacer mempunyai banyak kesamaan. 

Cuma seorang Blogger malas yg kadang - kandang rajin

2 Komentar

Wah gan ternyata hacker ada tingkatannya juga ya , trus hacker ada sekolahnya ga ?

Kalo sekolah untuk Hacker ga ada gan, mungkin karena punya bakat alami dan punya pengetahuan yang luas tentang dunia komputer, jadi mereka mudah saja untuk menjadi Hacker tanpa sekolah... :-?
Thx atas kunjungannya ya sob... :d

Perhatian Sebelum Berkomentar :

1. Bacalah artikel secara keseluruhan.
2. Bacalah Komentar yang sudah ada terlebih dahulu.
3. Tidak Melampirkan Kata - kata kotor.
4. Berkomentar sebagai Anonim akan di anggap sebagai SPAM dan tidak akan pernah di terbitkan.
5. Tidak melampirkan link.


EmoticonEmoticon